FOKUS: Lima Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Undian Piala Dunia 2014

FOKUS: Lima Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Undian Piala Dunia 2014Goal menghadirkan run-down terkait hal menarik apa yang bakal dijanjikan pada ajang empat tahunan tersebut.

KAPAN UNDIANNYA BERLANGSUNG?

Dengan Piala Dunia 2014 yang akan dimulai 194 hari lagi, fokus sepakbola dunia secara perlahan akan beralih pada undian untuk turnamen musim panas tersebut, dengan para pelatih tim nasional yang kiranya penasaran untuk mengetahui siapa calon lawan mereka nanti.

Adapun, acara yang ditunggu-tunggu tersebut akan dilangsungkan pada Jumat, 6 Desember di Costa do Sauipe di negara bagian Bahia, sebuah kawasan yang terkenal akan tempat wisatanya, dan tampaknya akan berlangsung menarik dan dramatis.

Undian tersebut dijadwalkan dimulai pada pukul 13:00 waktu setempat (23:00 WIB) yang akan dipandu oleh aktor Brasil Fernanda Lima dan Rodrigo Hilbert, dengan didampingi artis semacam Margareth Menezes, Olodum, Alcione dan Emicida.

Sebagai tambahan, legenda Piala Dunia Cafu, Fabio Cannavaro, Mario Kempes, Lothar Matthaus, Zinedine Zidane dan Geoff Hurst akan terlibat dalam acara undian tersebut.

KAPAN PIALA DUNIA ITU SENDIRI BERLANGSUNG?

Turnamen musim panas itu akan dimulai pada 12 Juni di Sao Paulo dengan tuan rumah Brasil yang ditunjuk sebagai salah satu dari dua partisipan yang akan berduel di laga pembuka.

Babak grup akan berakhir pada 26 Juni, dengan dua partai final Grup H akan berlangsung di tanggal tersebut.

Pertandingan pertama babak 16 besar akan digelar dua hari kemudian di Belo Horizonte dan Rio de Janeiro, dan babak pertama sistem gugur akan ditutup pada 1 Juli.

Empat partai perdelapan-final akan digelar pada 4 dan 5 Juli, sementara semi-final akan berlangsung pada 8 dan 9 Juli.

Sang juara Piala Dunia 2014 akan diketahui pada 13 Juli di Rio de Janeiro.

NEGARA APA DAN POT MANA?

Tujuh tim peringkat terbaik Fifa dari bulan Oktober (Spanyol, Jerman, Argentina, Belgia, Uruguay dan Swiss) beserta tuan rumah Brasil akan ditempatkan di Pot 1.

Pot 2 berisi empat tim dari Amerika Utara (Amerika Serikat, Meksiko, Kosta Rika dan Honduras) beserta empat tim dari kawasan Asia (Jepang, Iran, Korea Selatan dan Austarlia), sedangkan Pot 3 akan diisi tim-tim dari Afrika (Pantai Gading, Ghana, Aljazair, Nigeria dan Kamerun), dua dari Amerika Selatan (Cili dan Ekuador) dan tim peringkat Fifa terbawah Eropa, Prancis.

Pada akhirnya, delapan negara Eropa sisanya (Belanda, Italia, Inggris, Portugal, Yunani, Bosnia-Herzegovina, Kroasia dan Rusia) akan menghuni Pot 4.

Perlu dicatat bahwa maksimal dua tim dari Eropa akan menghuni masing-masing dari delapan grup tersebut.


Pot 1 Pot 2
 Spanyol Jepang
Jerman Iran
Argentina Korea Selatan
Kolombia Australia
Belgia Amerika Serikat
Uruguay Meksiko
Swiss Kosta Rika
Brasil Honduras
   
Pot 3 Pot 4
Cili Belanda
Ekuador Italia
Pantai Gading Inggris
Ghana Portugal
Aljazair Yunani
Nigeria Bosnia-Herzegovina
Kamerun Kroasia
Prancis  Rusia

Pembagian pot ini, sebagaimana tergambar di atas, menunjukkan kemungkinan akan adanya ‘Grup Maut’ yang terdiri dari Brasil, Amerika Serikat, Prancis dan Portugal.

Grup lainnya yang tak kalah mematikan mungkin akan berisi Spanyol, juara Asia Jepang, juara Afrika Nigeria dan runner-up Piala Dunia 2010 Belanda.

Di sisi lain, undian pekan depan juga bisa menempatkan Swiss, Honduras, Aljazair dan Bosnia-Herzegovina dalam satu grup.

PEMAIN YANG PERLU DIPERHATIKAN

Meski Piala Dunia akan digelar tanpa bintang-bintang ternama seperti Zlatan Ibrahimovic (Swedia), Gareth Bale (Wales) dan Robert Lewandowski (Polandia), tentunya masih ada beberapa nama besar lainnya.

Tiga kandidat peraih ajang Fifa Ballon d’Or – Lionel Messi (Argentina), Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Franck Ribery (Prancis) – akan ikut serta.

Arjen Robben dan Robin van Persie akan ada di sana untuk Belanda, Italia bersama Andrea Pirlo dan Mario Balotelli, Jerman dengan Marco Reus dan Mesut Ozil, Spanyol akan membawa Andres Iniesta dan Xavi, sementara pemain seperti Neymar, Thiago Silva (Brasil), Edinson Cavani, Luis Suarez (Uruguay) dan Radamel Falcao (Kolombia) juga akan bertanding di sana.

Belum cukup? Bagaimana dengan Eden Hazard (Belgia), Yaya Toure (Pantai Gading), John Obi Mikel (Nigeria) dan Keisuke Honda (Jepang)? Daftarnya masih panjang!

TIKET

Sebanyak 6.164.682 permintaan tiket telah diterima ketika periode awal aplikasi berakhir pada Kamis, 10 Oktober 2013.

Permintaan tersebut datang dari 203 negara berbeda, dengan tiket untuk laga pembuka di Sao Paulo (726.067 permintaan) dan untuk final (751.165) di Maracana Stadium pada 13 Juli menjadi yang paling populer.

Sebanyak 889.305 tiket dialokasikan untuk orang-orang dari 188 negara saat undian acak di tahap pertama penjualan, sedangkan tiket tersedia yang tersisa untuk ‘Yang Datang Pertama Dialah Yang Dapat’ (ada hampir 1,1 juta tiket) terjual habis hanya tujuh jam setelah jendela penjualan dibuka kembali.

No comments:

Post a Comment