Jelang Liga Champions - Siapa Susul Bayern, City, Atletico, dan Barca?

Getty Images Jakarta - Empat dari 16 tempat di fase knockout Liga Champions sudah terisi. Perjuangan meraih tiket-tiket sisa pun berlanjut tengah pekan ini di matchday 5.

Bayern Munich, Manchester City, Atletico Madrid, dan Barcelona adalah empat tim yang sudah memastikan lolos dari fase grup. Atletico bahkan telah mengunci posisi teratas grupnya.

Dengan demikian maka ada 12 tiket sisa menuju babak 16 besar Liga Champions yang kini masih diperebutkan. Berikut gambaran dari setiap grup, sebagaimana dilansir situs resmi UEFA, untuk matchday 5 fase grup pada tengah pekan.

Grup A
Bayer Leverkusen (7 poin) vs Manchester United (8 poin)
Shakhtar Donetsk (5 poin) vs Real Sociedad (1 poin)

Setelah empat laga satu-satunya tim dari grup ini yang sudah mendapatkan jaminan di kancah Eropa adalah MU, kendatipun itu baru merupakan tiket ke Liga Europa.

Kini MU berpeluang mengamankan posisi pertama di grup jika juara Inggris itu mengalahkan Leverkusen di Jerman dan Shakhtar gagal menang di kandang atas La Real. Sedangkan Leverkusen pun dapat meraih tiket lolos--walaupun bukan untuk posisi juara grup--jika meraih kemenangan.

Sementara Sociedad harus menang di Donbass Arena dan berharap MU menang atas Leverkusen demi menjaga peluang lolos mereka yang tipis bisa tetap hidup. Shakhtar sendiri masih punya kans lolos terkecuali kalah di matchday kali ini dan Leverkusen berimbang lawan MU.

Grup B
Juventus (3 poin) vs FC Kopenhagen (4 poin)
Real Madrid (10 poin) vs Galatasaray (4 poin)

Dengan keunggulan enam poin, Madrid cuma butuh sebuah hasil seri di kandang sendiri atas Galatasaray untuk memastikan posisi teratas grup--dan bahkan kekalahan pun sudah cukup, bergantung pada hasil di laga lain.

Mengasumsikan tim Carlo Ancelotti tidak kalah, Juvetus, yang belum meraih satu kemenangan pun, akan naik ke posisi dua jika bisa mengatasi FC Kopenhagen. Jika bisa meraih enam poin di dua laga sisa, yang lawan Galatasaray, juara Seri A itu akan dipastikan mendapat sebuah tempat di babak 16 besar.

Sebaliknya kemenangan buat Kopenhagen, juara bertahan Denmark, di Turin pada matchday kali ini akan memupuskan asa buat Juve.


Grup C
Anderlecht (1 poin) vs Benfica (4 poin)
Paris Saint-Germain (10 poin) vs Olympiakos (7 poin)

PSG cuma butuh hasil imbang saat menjamu Olimpiakos, tim yang mereka kalahkan 4-1 di matchday 1, untuk menjamin kelolosan sebagai juara grup. Sedangkan satu poin di laga ini juga cukup buat juara Yunani itu untuk lolos sebagai runner-up jika Benfica gagal meraih kemenangan di markas Anderlecht.

Benfica belum bisa memperbaiki posisi di matchday ini kendatipun mampu menang di Brussels, tetapi seandainya Olimpiakos menang di Paris, cuma tiga poin yang bisa membuat peluang mereka tetap hidup.

Sementara peluang Anderlecht sudah amat tipis mengingat mereka butuh kemenangan dan hasil-hasil di partai lain demi lolos.


Grup D
CSKA Moskow (3 poin) vs Bayern Munich (12 poin)
Manchester City (9 poin) vs Viktoria Plzen (0 poin)

Bayern dan City sudah memastikan lolos ke babak 16 besar dengan dua laga sisa, membuat CSKA dan Plzen harus bertarung untuk posisi tiga demi tiket Liga Europa. Bayern akan memuncaki grup jika melebihi raihan City.


Grup E
Basel (5 poin) vs Chelsea (9 poin)
Steaua Bukares (2 poin) vs Schalke (6 poin)

Hasil imbang di markas Basel akan cukup buat Chelsea dalam mengamankan tiket lolos dan kemenangan di laga ini juga akan menjamin posisinya sebagai juara grup.

Jikapun Chelsea kembali kalah dari Basel, seperti pada matchday 1 di Stamford Bridge, The Blues belum akan turun dari puncak klasemen dengan satu laga tersisa.

Penghuni posisi dua Schalke cuma bisa lolos di matchday 5 ini jika kedua laga berakhir dengan kemenangan tim tamu--kombinasi lain akan membuat Schalke rentan diancam Basel pada matchday 6. Sedangkan Steaua mesti meraup tiga angka untuk menjaga asa.

Grup F
Arsenal (9 poin) vs Olympique de Marseille (0 poin)
Borussia Dortmund (6 poin) vs Napoli (9 poin)

Marseille sudah tersingkir, tapi kendatipun nanti Arsenal menang, kelolosan klub London itu belum akan dipastikan terkecuali Dortmund gagal di kandang atas Napoli.

Dortmund, runner-up Liga Champions musim lalu, akan bermain di Liga Europa jika gagal mengatasi Napoli dan Arsenal menang. Untuk Napoli, sebuah kemenangan akan menjamin kelolosan--dan juga Arsenal, terkecuali tim Arsene Wenger itu kalah dari Marseille. Hasil imbang di markas Dortmund juga bisa membuat Napoli lolos.


Grup G
FC Porto (4 poin) vs Austria Wien (1 poin)
FC Zenit (5 poin) v Atletico Madrid (12 poin)

Atletico, yang masih meraih hasil 100%, adalah satu-satunya tim yang sudah dipastikan lolos sebagai juara grup. Austria Wien, yang belum bikin satu gol pun, akan tersingkir jika gagal memotong selisih empat poin dari Zenit di posisi dua.

Sementara jika Atletico kalah di St Petersburg maka Porto juga harus bisa meraih kemenangan demi menjaga jarak dengan Zenit menjelang matchday 6 mendatang.


Grup H
Ajax (4 poin) vs FC Barcelona (10 poin)
Celtic FC (3 poin) vs AC Milan (5 poin)

Barca sudah memastikan satu tempat di babak 16 besar. Satu poin di Amsterdam cukup untuk Barca buat menyemen posisi teratas--dan bahkan kekalahan pun bisa saja cukup, bergantung pada hasil-hasil lainnya.

Celtic, sang jawara Skotlandia, akan naik ke posisi dua jika bisa menang atas Milan kalau saja Ajax gagal mengatasi Barca, tetapi kekalahan juga akan mengeliminasi mereka. Ajax pun akan naik ke posisi dua jika mereka menang dan Milan tidak. Namun, kemenangan tandang untuk Barca dan Milan akan memastikan Rossoneri menemani klub Catatalan itu lolos ke fase berikutnya.
(dtc/krs) Sumber: detiksport

No comments:

Post a Comment