Tips Sukses Membangun Relasi Bisnis

Tips Sukses Membangun Relasi Bisnis

Ada sebuah kata bijak yang dikutip dari sebuah perguruan Shaolin :
"Hidup adalah kumpulan dari pengalaman-pengalaman"

Kata tersebut di atas sangat dalam maknanya, demikian pula dalam pembahasan kali ini tentang "Tips Sukses Membangun Relasi Bisnis." Pada saat akan memulai bisnis terkadang kita kebingungan dengan modal, skill self (keahlian kita sendiri) dan berbagai macam kendala yang terkadang ini menjadi penghambat untuk mulai berbisnis. Pada dasarnya ketika akan membangun bisnis hal yang terpenting bukanlah modal ataupun skill self tapi lebih pada "keberanian," ya! Ini adalah tentang keberanian untuk memulai.

Mengapa demikian, pemaparan berikut adalah penuturan sekaligus pengalaman penulis yang sudah cukup lama menggeluti dunia bisnis dari sejak 2009, berbagai kendala dan pastinya tantangan menjadi makanan sehari-hari. lalu bisnis apa? Nah, jika lebih spesifik seperti ini anda harus mampu mengolah apa yang selama ini menjadi hal yang paling disukai, karena ada istilah bijak "Do What You Love, And Love What You Do," saat kita memulai usaha dengan bidang yang kita sukai maka hasilanya akan semakin optimal.

Kemudian jika modal lemah, skill pun lemah maka cara terakhir adalah dengan membangun partnership atau lebih sedehananya membangun relasi dengan orang  yang memiliki skill dan modal denagn cara seperti ini akan sangat efektif mendongkrak kehidupan bisnis anda. "Satu batang lidi akan mudah patah, sedangkan jika digabung batang lidi tadi akan lebih kuat dari kayu batangan sekalipun," demikian juga dengan bisnis kita maka akan lebih baik jika dibangun dengan orang lain (bermitra) apapun bisnis anda saat ini.

Lalu bagaimana dengan cara menemukan  partner yang tepat? Sabar ya, karerna nanti akan kita bahas lanjutannya.

No comments:

Post a Comment