Kemenangan Afrika Selatan Atas Spanyol Bisa Batal


FIFA bisa menganulir laga Afsel-Spanyol karena terdapat pergantian pemain ilegal. Akibat pergantian pemain ilegal yang dilakukan Spanyol, kemenangan Afrika Selatan atas juara dunia itu bisa batal.
Kemenangan 1-0 Afrika Selatan atas Spanyol dalam laga persahabatan pada Rabu (20/11) dini hari terancam dianulir FIFA karena terjadi pergantian pemain ilegal. Selain itu, Afsel juga bisa kehilangan poin dalam ranking FIFA.

Kedua negara telah bersepakat untuk melakukan enam pergantian yang merupakan jumlah maksimal. Akan tetapi, Vicente del Bosque – yang sudah melakukan enam pergantian – memasukkan Pepe Reina untuk menggantikan Victor Valdes yang cedera di menit 76. Bek kanan Alvaro Arbeloa sempat menjadi kiper sebelum Reina masuk. 

Atas pergantian ini, pelatih Bafana Bafana Gordon Igesund sempat memprotesnya. “Para pemain Spanyol meminta saya dan saya menjawabnya bahwa mereka harus menanyakan wasit,” ujar Igesund.

Sementara Del Bosque menganggap tak ada yang salah dengan pergantian ini karena merupakan bentuk fair play. “Ini semua tentang fair play. Saya sadar penuh dengan pergantian terakhir di mana saya ingin mengistirahatkan [Andres Iniesta]. Lalu kami meminta wasit untuk melakukan pergantian tambahan dan kami diberi lampu hijau,” ungkapnya

Tuan rumah Afsel unggul satu gol berkat gol Bernard Parker di menit 56, namun FIFA bisa menghapus kemenangan ini akibat pergantian ilegal ini. Seandainya laga ini dianggap batal, maka Afsel – yang kini berada di posisi 61 ranking FIFA – akan kehilangan sekitar 500 poin dari kemenangan ini.

FIFA sendiri telah melakukan investigasi untuk kasus ini dan hingga kini belum ada pengumuman resmi. Akan tetapi, di laman resminya, FIFA menghapus bagian ‘points calculator’ khusus untuk laga ini.

No comments:

Post a Comment